Monday, September 19, 2016

Silabus pembelajaran bangun datar



Silabus PEMBELAJARAN

Sekolah                     : MTsN MODEL MNBI KUOK
Kelas                         : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran      : Matematika
Semester                   : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : Memahami konsep belah ketupat dan trapesium serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Teknik
Bentuk
ContohInstrumen

1.1Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat dan trapesium.
Segiempat
Mendiskusikan sifat-sifat belah ketupatberdasarkan gambardan menemukan rumus keliling dan luas belah ketupat dengan menggunakan media model (gambar) belah ketupat
·Memahami sifat-sifat dan rumus keliling serta luas belah ketupat dengan membuat rangkuman hasil diskusi
·Menurunkan rumus keliling dan luas belah ketupat
Media pembelajaran dan diskusi (tanya-jawab)
Penggunaan alat peraga
Sebutkan sifat-sifat belah ketupat berdasarkan gambar yang telah tersedia dan buatlah kesimpulannya.
1x40 menit
·    Buku teks
·    Model belah ketupat dan trapesium

Mendiskusikan jenis-jenis trapesium dan sifat-sifatnya berdasarkan gambar serta menemukan rumus keliling dan luas trapesium dengan menggunakan media (gambar) trapesium
·Memahami sifat-sifat dan rumus keliling serta luas  trapesium dengan membuat rangkuman hasil diskusi
·Menurunkan rumus keliling dan luas trapesium
Media pembelajaran dan diskusi (tanya-jawab)
Penggunaan alat peraga
Sebutkan sifat-sifat trapesium berdasarkan gambar yang telah tersedia dan buatlah kesimpulannya.
1x40 menit

1.2 Menghitung keliling dan luas belah ketupat dan trapesium
Segiempat
Menggunakan rumus keliling dan luas belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
·Menerapkan rumus keliling belah ketupat untuk mendapatkan solusi
·Menerapkan rumus luas belah ketupat untuk mendapatkan solusi 
Tes tertulis
Uraian
Tentukanlah keliling dan luas belah ketupat tersebut !
2x40 menit
Buku teks, bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.

Menggunakan rumus keliling dan luas trapesium untuk menyelesaikan masalah
·Menerapkan rumus keliling  trapesium untuk menyelesaikan
·Menerapkan rumus luas trapesium untuk mendapatkan solusi
Tes tertulis
Uraian
Sebidang tanah berbentuk trapesium sama kaki. Panjang sisi sejajarnya  dan , dan jarak sisi sejajar . Jika sekeliling tanah tersebut dibuat pagar, panjang pagar seluruhnya adalah....
2x40 menit

6.3Menghitungkelilingdanluassegiempat (belah ketupat dan trapesium)sertamenggunakannyadalampemecahanmasalah.

Segiempat
Menerapkan keliling dan luas belah ketupat pada soal cerita untuk menyelesaikan masalah
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling belah ketupat
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas belah ketupat
Tes tertulis
Uraian
Panjang diagonal-diagonal suatu belah krtupat diketahui berturut-turut  dan ( ) . Jika luas belah ketupat tersebut . Tentukan nilai x dan panjang diagonal yang kedua!
2x40 menit
Buku teks, bangun datar dari kawat atau dari karton

Menerapkan keliling dan luas trapesiumpada soal cerita untuk menyelesaikan masalah
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling trapesium
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium
Tes tertulis
Uraian
Pak Taufik memagar  kebunnya yang berbentuk trapesium. Jarak antara dua pagar yang sejajar yaitu .  Jika jumlah panjang kebun yang dipagar sejajar , tentukanlah luas kebun pak Taufik!



4x40 menit















Keterangan:
Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru MapelMatematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….