Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
MTsN MODEL MNBI KUOK
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II (dua)
GEOMETRI
Standar
Kompetensi : Memahami konsep belah
ketupat dan trapesium serta menentukan ukurannya
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
|
Teknik
|
Bentuk
|
ContohInstrumen
|
||||||||
|
1.1Mengidentifikasi
sifat-sifat belah ketupat dan trapesium.
|
Segiempat
|
Mendiskusikan sifat-sifat belah ketupatberdasarkan
gambardan menemukan rumus keliling dan luas belah ketupat dengan menggunakan
media model (gambar) belah ketupat
|
·Memahami sifat-sifat dan rumus keliling serta luas belah
ketupat dengan membuat rangkuman hasil diskusi
·Menurunkan rumus keliling dan luas belah ketupat
|
Media
pembelajaran dan diskusi (tanya-jawab)
|
Penggunaan
alat peraga
|
Sebutkan
sifat-sifat belah ketupat berdasarkan gambar yang telah tersedia dan buatlah
kesimpulannya.
|
1x40 menit
|
·
Buku teks
·
Model
belah ketupat dan trapesium
|
||
|
Mendiskusikan jenis-jenis
trapesium dan sifat-sifatnya berdasarkan gambar serta menemukan rumus
keliling dan luas trapesium dengan menggunakan media (gambar) trapesium
|
·Memahami sifat-sifat dan rumus keliling serta luas trapesium dengan membuat rangkuman hasil
diskusi
·Menurunkan rumus keliling dan luas trapesium
|
Media
pembelajaran dan diskusi (tanya-jawab)
|
Penggunaan
alat peraga
|
Sebutkan
sifat-sifat trapesium berdasarkan gambar yang telah tersedia dan buatlah kesimpulannya.
|
1x40 menit
|
|||||
|
1.2 Menghitung keliling dan luas belah
ketupat dan trapesium
|
Segiempat
|
Menggunakan rumus keliling dan
luas belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
|
·Menerapkan rumus luas belah ketupat untuk mendapatkan
solusi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tentukanlah keliling dan luas belah ketupat tersebut !
|
2x40 menit
|
Buku teks,
bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
|
||
|
Menggunakan rumus keliling dan
luas trapesium untuk menyelesaikan masalah
|
·Menerapkan rumus keliling trapesium untuk menyelesaikan
·Menerapkan rumus luas trapesium untuk mendapatkan solusi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Sebidang tanah
berbentuk trapesium sama kaki. Panjang sisi sejajarnya
dan
, dan jarak sisi sejajar
. Jika sekeliling tanah tersebut dibuat pagar, panjang
pagar seluruhnya adalah....
|
2x40 menit
|
|||||
|
6.3Menghitungkelilingdanluassegiempat (belah ketupat dan
trapesium)sertamenggunakannyadalampemecahanmasalah.
|
Segiempat
|
Menerapkan keliling dan luas belah
ketupat pada soal cerita untuk menyelesaikan masalah
|
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling belah
ketupat
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas belah
ketupat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang
diagonal-diagonal suatu belah krtupat diketahui berturut-turut
dan (
)
. Jika luas belah ketupat tersebut
. Tentukan nilai x dan panjang diagonal yang kedua!
|
2x40 menit
|
Buku teks,
bangun datar dari kawat atau dari karton
|
||
|
Menerapkan
keliling dan luas trapesiumpada soal cerita untuk menyelesaikan masalah
|
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling
trapesium
·Memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas trapesium
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pak Taufik
memagar kebunnya yang berbentuk
trapesium. Jarak antara dua pagar yang sejajar yaitu
. Jika jumlah
panjang kebun yang dipagar sejajar
, tentukanlah luas kebun pak Taufik!
|
4x40 menit
|
|
||||
Keterangan:
Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran
terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
MapelMatematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|